Social Icons

Pages

LAYANAN E-SERVICE DI PT. YONTOMO SUKSES ABADI



BAB I
PENDAHULUAN


A.    LATAR BELAKANG

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.

Dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, telah menciptakan jenis-jenis dan peluang-peluang bisnis yang baru di mana transaksi-transaksi bisnis makin banyak dilakukan secara elektronika. Sehubungan dengan perkembangan teknologi informasi tersebut memungkinkan setiap orang dengan mudah melakukan perbuatan hukum seperti misalnya melakukan jual-beli. Perkembangan internet memang cepat dan memberi pengaruh signifikan dalam segala aspek kehidupan kita.

Didirikan pada tahun 1999, PT Yontomo Sukses Abadi, memiliki pertumbuhan dari importir dan pedagang produk pengelasan, seperti pasokan bahan las, mesin las dan otomasi, pengelasan sparepart dan lain-lain. Saat ini, perusahaan memiliki penjualan tahunan sekitar 250 miliar rupiah Indonesia pada tahun 2010. Pada tahun 2008, PT Yontomo Sukses Abadi telah diperluas dan rencana diversifikasi, yang berkembang pada pengelasan layanan reklamasi untuk melapisi keras, perbaikan dan pemeliharaan fokus Perusahaan kami di las industri, iewelding habis pasokan, mesin las dan otomasi, accesories mesin las dan lokakarya Hardfacing untuk pabrik baja roll, penempaan mati, pabrik semen, crusher roll, dll
PT Yontomo Sukses Abadi mendirikan PT YSA Weldindo Teknik pada tahun 2009. Perusahaan ini merupakan anak perusahaan dari PT. Yontomo Sukses Abadi dan ditangani pedagang produk pengelasan, seperti pengelasan mesin otomasi, las sparepart dan lain-lain.

Kami berkomitmen untuk memberikan yang baik, stabil dan dapat diandalkan produk-produk berkualitas dengan harga yang kompetitif. Kami juga didukung dengan tim yang berpengalaman dengan menyeluruh pengetahuan di bidangnya untuk mendukung pelanggan butuhkan. Hanya dalam waktu pengiriman untuk menjamin kelangsungan produksi pelanggan dan untuk memotong tingkat saham mereka. bahan las kami untuk layanan bengkel yang digunakan dalam berbagai aplikasi, dari permukaan keras dari baja dan aplikasi rolling mill besi non, tanaman tambang batu bara, dengan cladding menghancurkan dan melanggar peralatan, reklamasi penempaan mati dan aplikasi rekayasa umum. teknologi pengelasan kami adalah spesialis weldclad dan bisnis forgeweld. Tahun pengalaman dan keahlian yang telah dikembangkan sangat khusus bahan, mesin dan teknik pengelasan untuk memerangi lingkungan yang bermusuhan di mana komponen ini diperlukan untuk beroperasi.

Kami berkomitmen untuk menyediakan solusi layanan las untuk ccustomer kami, waktu pengiriman yang sangat baik yang memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan.
Layanan kami
bahan las kami untuk layanan bengkel yang digunakan dalam berbagai aplikasi, dari permukaan keras dari baja dan aplikasi rolling mill besi non, tanaman tambang batu bara, untuk cladding menghancurkan dan melanggar peralatan, reklamasi penempaan mati dan aplikasi rekayasa umum. teknologi pengelasan kami adalah spesialis weldclad dan bisnis forgeweld. Tahun pengalaman dan keahlian yang telah dikembangkan sangat khusus bahan, mesin dan teknik pengelasan untuk memerangi lingkungan yang bermusuhan di mana komponen ini diperlukan untuk beroperasi.
Kami berkomitmen untuk menyediakan solusi layanan las untuk pelanggan kami, waktu pengiriman yang sangat baik yang memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan.

B.     RUMUSAN MASALAH

1.      Apa yang dimaksud dengan e-service?
2.      Apakah manfaat e-service dalam dunia bisnis?
3.      Apa layanan e-service di PT. Yontomo Sukses Abadi?
4.      Bagaimana bentuk implementasi e-service di PT. Yontomo Sukses Abadi?
5.      Apa manfaat adanya layanan e-service untuk PT. Yontomo Sukses Abadi?
6.      Apa dampak adanya layanan e-service untuk PT. Yontomo Sukses Abadi?


        C.    TUJUAN
  • Tujuan dibuatnya makalah ini guna memenuhi tugas untuk mata kuliah Pengantar   Teknologi Informasi (PTI).
  • Makalah ini bertujuan agar para pembaca dapat memahami apa saja sistem informasi yang di terapkan oleh PT Yontomo Sukses Abadi , sehingga pembaca dapat memiliki wawasan yang luas.
       D.    MANFAAT
Makalah ini mempunyai beberapa manfaat diantaranya dapat memberikan wawasan kepada masyarakat atau pembaca berupa layanan e-services yang digunakan oleh PT Yontomo Sukses Abadi.

E-SERVICE

·         Pengertian E-Service
   
     E-service merupakan suatu sistem layanan elektronik. Sistem layanan ini dapat berupa e-commerce (jual beli secara online), e-government (pelayanan publik melalui internet yang diselenggarakan oleh pemerintah), e-library (layanan perpustakaan dijital), maupun e-ticket (layanan pembelian tiket secara elektronik). Pada awalnya, suatu layanan bersifat mandiri dan tidak terhubung ke jaringan. Seiring dengan berkembangnya teknologi dan kemajuan internet, konsep layanan mulai berubah, dari yang tidak berbasis web, menjadi berbasis web.

·         Manfaat E-Service

Adapun sejumlah manfaat untuk layanan elektronik, beberapa di antaranya:
-          Mengakses basis pelanggan yang lebih besar
-          Memperluas jangkauan pasar
-          Alternatif saluran komunikasi ke pelanggan
-          Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan
-          Meningkatkan citra perusahaan
-          Mendapatkan keunggulan kompetitif
-          Potensi peningkatan pengetahuan pelanggan

Komponen E-Service

Menurut Rowley (2006) layanan elektronik di definisikan sebagai: "... perbuatan, usaha atau pertunjukan yang pengiriman di mediasi oleh teknologi informasi. Layanan elektronik tersebut meliputi unsur layanan e-tailing, dukungan pelanggan, dan pelayanan ". Definisi ini mencerminkan tiga komponen utama :
  •          Penyedia layanan,
  •          Penerima layanan dan
  •          Saluran pelayanan (yaitu, teknologi).
Misalnya, sebagai yang bersangkutan untuk layanan elektronik publik, badan publik adalah penyedia layanan dan warga negara serta bisnis penerima layanan. Saluran pelayanan adalah persyaratan ketiga dari layanan elektronik. Internet adalah saluran utama dari layanan elektronik pengiriman sementara saluran klasik lainnya juga dipertimbangkan.(misalnya telepon, call center, kios publik, telepon genggam,televisi)

E-BUSINESS

·         Pengertian E-Business

E-business adalah aktifitas bisnis dengan memanfaatkan jaringan komputer dan internet. Tidak hanya transaksi pembelian dan penjualan tetapi juga melingkupi keselurunan kegiatan dan fungsi dari perusahaan tersebut, seperti pertukaran informasi, komunikasi, kolaborasi, riset dan sebagainya. E-business bisa terjadi dalam berbagai bentuk tahapan tergantung dari tingkat pemamfaatan jaringan komputer dan Internet, dengan kata lain seberapa digital perusahaan tersebut. Kita dapat melihat dua sisi ekstrim, sisi pertama adalah perusahaan tradisional. Sisi kedua adalah perusahaan e-business murni di mana segalanya berbentuk elektronis, dari produk atau jasa yang ditawarkan, prosesnya sampai dengan pengirimannya.
E-business melibatkan pemasaran, perancangan produk, evaluasi layanan konsumen, dll.

·         Metode Pembangunan Sistem

Metode yang paling sering digunakan dalam membangun e-bisnis adalah metode daur hidup . Metode ini cocok untuk pembangunan sistem e-business, karena memiliki beberapa karakteristik yaitu proses dilakukan selangkah demi selangkah yang disertai dengan proses dokumentasi yang rapi.  Metode daur hdup terdiri dari beberapa tahapan proses, yaitu tahap perencanaan, analisis, perancangan, penerapan, evaluasi, penggunaan, dan pemeliaraan. Ada setiap tahapan dilakukan proses pendokumentasian atas segala yang telah dilakukan atau disepakati.

·         Tahapan Dalam Sistem E-Business

a.       Tahap Perencanaan
Pada tahap perencanaan ini diawali dengan pembuatan dan penyampaian proposal Teknologi Informasi yang memuat hal-hal pokok yang menjadi prioritas-prioritas e-bisnis. Diikuti dengan tahapan pemaparan kasus e-bisnis untuk perkembangan bissnis atau Investasi Teknologi Informasi (TI). Tahap akhirnya adalah penyampaian rencana aplikasi e-bisnis dalam bentuk pengembangannya dan penyebarannya.

b.      Tahap Analisis 
Dalam tahap analisis ini, pengembang sistem harus memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan aspek-aspek penting yang  sangat berpengaruh didalam membangun Sistem informasi e-bisnis ini seperti :
  •  Kelayakan teknis
  •  Pengembailan ekonomis
  •  Pengembalian non ekonomis
  •  Hukum dan etika
  •  Operasional
  •  Jadwal
c.       Tahap Perancangan
Dalam merancangan sebuah Sistem Informasi  e-Business harus memperhatikan  kebutuhan perusahaan e-business, Kebutuhan operator, Kebutuhan pemakai  dan Kebutuhan teknis . 

d.      Tahap Penerapan
Tahap ini merupakan kegiatan untuk mengimplementasikan  rancangan yang telah disusun sebelumnya agar dapat diwujudnyatakan  Implementasi untuk prosedur di dalam teknologi komputer akan menggunakan bahasa computer

Sementara itu, untuk proses yang terdapat di luar sistem komputer, disusunlah sebuah konvensi atau perjanjian atau tata tertib, agar setiap orang yang terlibat dapat mengikuti alur yang telah ditetapkan untuk merealisasikan sistem pada tahap pemaparan ini, ditempuh beberapa metode,antara lain, penggunaan paket aplikasi, pengembangan oleh staf sendiri (insourcing), dan pengembangnan yang dilakukan dengan kerjasama dari pihak luar seperti konsultan atau software house (outsourcing). 

e.       Tahap Evaluasi
Pada tahap ini, dilakukan uji coba sistem yang telah selesai disusun. Proses uji coba diperlukan untuk memastikan bahwa sistem tersebut sudah benar. Karakteristik yang ditetapkan, dan tidak ada kesalahan-kesalahan yang terkandung didalamnya.
Disamping memperhatikan metode yang akan digunakan dalam membangun sebuah sistem Informasi e-Bisnis, kita juga harus memperhatikan tahapan-tahapan yang sangat berpengaruh terhadap kualitas dari Sistem Informasi e-Bisnis yang dibangun nantinya, seperti tahapan mendayagunakan komputer personal, jaringan komputer dan internet seoptimal mungkin, membangun halaman web untuk jalinan komunikasi antara Perusahaan dengan konsumen secara  efektif dan fleksibel, membangun Sistem Informasi e-Bisnis yang efektif serta Mengembangkan Sistem Informasi yang bersifat inter platform.

f.       Tahap Pemaparan E-Business
  1. Tahap ini merupakan kegiatan untuk mengimplementasikan  rancangan yang telah disusun sebelumnya agar dapat diwujudnyatakan
  2.  Implementasi untuk prosedur di dalam teknologi komputer akan menggunakan bahasa komputer
  3. Sementara itu, untuk proses yang terdapat di luar sistem komputer, disusunlah sebuah konvensi atau perjanjian atau tata tertib, agar setiap orang yang terlibat dapat mengikuti alur yang telah ditetapkan
  4. Untuk merealisasikan sistem pada tahap pemaparan ini, ditempuh beberapa metode, antara lain, penggunaan paket aplikasi, pengembangan oleh staf sendiri (insourcing), dan pengembangnan yang dilakukan dengan kerjasama dari pihak luar seperti konsultan atau software house (outsourcing).
·         Faktor yang menyebabkan Kegagalan Sistem Informasi E-Business

  •     Sering orang memandang Sistem Informasi e-Business adalah paling utama dan penting, sementara melupakan komitmen dan konsistensi terhadap materi informasi, produk dan respon layanan kepada konsumen.
  •    Antar-muka Sistem Informasi e-Business sering kurang interaktif, kurang komunikatif dan kurang mudah digunakan oleh konsumen, karena antar muka sering dibangun berdasarkan selera pembuatnya.
  •      Perubahan cara pandang, pola berbisnis, dan sistim dari tradisonal dan lokal menjadi moderen dan global, perusahaan dan pebisnis membutuhkan waktu untuk   beradaptasi dengan perubahan tersebut.

IMPLEMENTASI E-BUSINESS DI PT. YONTOMO SUKSES ABADI :

PT. Yontomo Sukses Abadi membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi perusahaan-perusahaan yang berminat menggabungkan bisnisnya melalui layanan e-business.
Adapun prosedur dalam permintaan penggabungan usaha bisnis tersebut melalui beberapa proses, diantaranya :
  •  Mengirimkan e-mail proposal kerja sama kepada PT. Yontomo Sukses Abadi
  •  Mengirimkan data lengkap perusahaan
  •  Mengirimkan dokumen legalitas usaha
  •  Mempresentasikan bentuk usaha, visi, dan misi perusahaan
  •  Tanda tangan kontrak kerja sama
·         Manfaat Layanan E-Business di PT. Yontomo Sukses Abadi

Dengan adanya layanan E-Business, PT. Yontomo Sukses Abadi dapat memperluas bisnisnya. Berikut  manfaat layanan E-Business di PT. Yontomo Sukses Abadi :
  •          Terjalinnya kerjasama antara perusahaan danmitra bisnis
  •       Meningkatkan keefektifan dan keefisienan perusahaan.
  •       Memberikan nilai bisnis yang berbeda
  •       Meningkatnya produktivitas dan keuntungan perusahaan
  •       Meningkatkan layanan kepada pelanggan agar terus berkualitas
  •       Memanfaatkan media untuk mempromosikan kompetensi perusahaan
  •       Memperlancar proses transaksi bisnis
  •     Pembeli atau customer dapat dengan mudah melihat barang yang di produksi perusahaan tersebut melalui internet, sehingga tidak repot harus ke tempat hanya untuk melihat barang.
·         Dampak E-Business di PT. Yontomo Sukses Abadi 
  • Dunia internet dapat meningkatkan aktifitas pembeli dengan cara mempermudah perusahaan dalam mengidentifikasi calon pemasok dan membandingkan harganya. Data mengenai pembelian yang dilakukan disub unit organisasi yang berbeda sekarang ini dapat disentralisasikan,sehingga dapat memungkinkan organisasi untuk menetapkan pembelian total diseluruh dunia atas berbagai produknya.
  • Akses yang tepat waktu dan akurat atas informasi rinci tentang pengiriman barang yang memungkinkan penjual mengurangi biaya tranportasi melalui cara pengiriman gabungan kepada pelanggannya yang lokasinya berdekatan satu dengan yang lainnya. Jika informasi yang lebih tepat waktu tentang penjualan,maka dapat membantu pabrik mengoptimalkan jumlah persediaan yang ditanggung.
  • Penjualan dan Pemasaran. Organisasi/perusahaan dapat menciptakan katalog elektronik diwebsite mereka untuk mengotomatisasikan proses input pesanan penjualan.
  • Pelayanan dan dukungan Purnajual. Dalam e-business dapat secara signifikan meningkatkan kualitas dukungan purnajual ke semua para pelanggannya
·         Pelaku Layanan E-Business
Pelaku e-business diantaranya adalah Organisasi, Perusahaan, Pelanggan, Pemasok, Rekan Bisnis, Pekerja. Maka secara garis besar dapat disimpulkan bahwa komponen E-Business yaitu
  • Pihak penyedia layanan
  • Pihak penerima layanan
  • Media penghubung kedua belah pihak
·         Sumber Daya Layanan E-Business
  • Teknologi Informasi dan Komunikasi
  •  Internet
  •  Komputer dan data yang terkomputerisasi
  •  Kegiatan Sasaran
  •  Kegiatan Bisnis
      Diagram Layanan E-Business di PT. Yontomo Sukses Abadi





BAB III
         PENUTUP

A.    KESIMPULAN

Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa PT Yontomo Sukses Abadi menggunakan layanan e-services yaitu layanan e-business. Layanan e-business memiliki manfaat dalam memudahkan proses berjalannya bisnis dengan pelanggannya . E-business tidak hanya transaksi pembelian dan penjualan tetapi juga melingkupi keselurunan kegiatan dan fungsi dari perusahaan. Layanan E-business saat ini merupakan kunci penyuksesan perusahaan yang membuat perusahaan terus berkembang dan maju karena dengan pemanfaatan bisnis dengan layanan e-business dapat memberikan kepuasan konsumen atas fasilitas yang cepat dan memadai. Dalam memberikan pelayanan / jasa kepada para pelanggan dan karyawan, PT Yontomo Sukses Abadi pun tak tanggung-tanggung memberikan pelayanan tersebut dengan predikat memuaskan.

B.     SARAN 

Untuk pengembangan lebih lanjut maka penulis memberikan saran yang sangat bermafaat dan dapat membantu manajemen di PT. Yontomo Sukses Abadi , yaitu :
  •    Untuk meningkatkan layanan yang diberikan oleh perusahaan, maka diperlukannya implementasi layanan e-service lainnya, seperti e-library dan e-book.
  •     Diperlukannya training kepada pihak-pihak yang terlibat langsung dengan layanan e-service sehingga fungsi dari layanan e-service tersebut dapat berjalan secara optimaL.
  •     Perlunya koneksi jaringan internet yang stabil guna menjaga layanan e-service tetap berjalan lancar. 


REFERENSI : 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Eti Nurparha (1151620009)


TEKNIK INFORMATIKA (EKSTENSI)

INSTITUT TEKNOLOGI INDONESIA


 
Blogger Templates